Tips Menulis yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Tips Menulis yang Baik dan Benar Bagi Pemula

Mempunyai hobi menulis merupakan anugerah yang patut disyikuri. Mengapa? Karena menulis akan dilakukan dengan sepenuh hati dan tanpa beban. Namun, berbeda bagi seorang penulis pemula yang tidak begitu paham teknik dasar menulis. Merasa sulit karena kurangnya wawasan dan keterbatasan materi atau kata-kata untuk ditulis. Mereka kebanyakan bilang bahwa menulis itu susah dan cepat membosankan.

Nah bagi kamu yang merasa menulis itu susah serta tidak tahu bagaimana cara menulis yang baik dan benar jangan risau, karena berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

  1. Menulislah dengan hati

Menulis menggunakan hati maksudnya tidak ada paksaan saat menulis. Menulis dengan hati hasil tulisannya juga akan lebih terasa mengena dan bermanfaat bagi yang membacanya. Jangan paksakan diri menulis ketika mood sedang tidak bagus. Istirahatlah terlebih dahulu dan menulislah kembali ketika mood kamu sudah bagus. Karena mood sangat mempengaruhi isi tulisan. Menulis dengan hati nanti kalimatnya akan mengalir dengan sendirinya dan kamu akan menemukan banyak kalimat yang sama sekali belum pernah terpikirkan sebelumnya.

  1. Pilih kata-kata sederhana

Sebaiknya pilih kata-kata yang sederhana terlebih dahulu, jangan pusingkan diri kamu dengan kata-kata yang terlalu berat dan kompleks. Dengan kata yang sederhana akan membentuk kalimat yang mudah dipahami dan kamu juga lebih enjoy dalam menuliskannya. Setelah terbiasa menulis dengan kata-kata sederhana, lalu coba perbanyak kosa kata baru. Semakin sering kamu menulis maka akan semakin kelihatan perbedaan tulisan yang kamu hasilkan.

  1. Gunakan gaya bercerita yang ringan

Sebagi penulis pemula hindari penggunaan bahasa yang terlalu formal dan kaku. Menulislah dengan gaya bercerita yang ringan dan mudah dicerna. Abaikan terlebih dahulu bagaimana hasil tulisanmu, jangan sekali-kali mengedit sebelum benar-benar selesai. Fokus terlebih dahulu dengan isi yang akan disampaikan kepada pembaca. Setelah itu baru edit bagian-bagian yang dirasa kurang pas dan perlu diganti. Pilihlah kata-kata yang komunikatif dan enak dibaca.

  1. Jujur dalam Menulis

Niatkan menulis untuk berbagi manfaat, baik untuk orang lain maupun diri sendiri. Tulis hal-hal yang masuk akal, sesuai kenyataan, dan tidak menyajikan kebohongan. Maksudnya ketika ingin menulis tentang suatu informasi dan akan dibagikan kepada publik, maka tulislah apa adanya. Terkecuali menulis karya saasta yang tidak mewajibkan fakta. Kamu bisa menuangkan imajinasi sebebas dan sekreatif mungkin. Eits tapi usahakan masih menggunakan gaya bahasa yang sopan ya. Jangan pernah menulis kebohongan yang hanya bertujuan untuk meraup popularitas.

  1. Menjadi diri sendiri

Biasanya seseorang mudah terpengaruh gaya penulisannya setelah membaca karya orang lain. Bahkan karena begitu bagus tulisannya, kemudian berpikir untuk bisa menulis seperti tulisan tersebut. Namun, meniru gaya tulisan orang lain merupakan hal yang kurang baik. Jika hal tersebut terjadi, maka kamu akan berada dalam bayang-bayang tulisan orang lain sampai dikemudian hari. Sebaiknya bagi kamu para penulis pemula, mulailah ciptakan gaya tersendiri yang bisa dijadikan ciri khas sampai kedepannya. Menjadi diri sendiri akan jauh lebih baik dibanding meniru gaya orang lain.

  1. Jangan lelah berlatih

Saat kamu bilang bahwa menulis itu susah dan membosankan, mungkin karena kamu belum menemukan kuncinya. Salah satu kunci bahwa menulis itu mudah adalah dengan berlatih setiap saat. Mulailah banyak membaca karya orang lain sebagai referensi, kemudian berlatih menulis setiap hari. Jangan mudah lelah, dengan disiplin menulis kamu akan menemukan perbedaan dari tulisan yang lama sampai yang paling baru. Dengan sering berlatih kamu juga akan menemukan gaya khas penulisan tersendiri. Dan nantinya keseruan menulis itu akan kamu rasakan.

Ketika kamu sudah memahami bagaimana cara menulis yang baik dan benar, maka sudah dapat dipastikan bahwa kamu akan mulai bisa menulis ke tahap berikutnya. Contohnya seperti menulis karya sastra puisi, cerita pendek, bahkan novel. Atau kamu juga bisa melatih kemampuan menulismu dengan mengikuti lomba-lomba kepenulisan. Semoga bermanfaat!

1 Comment

  • Rabiatul Adawiyah

    April 15, 2020

    Terimakasih atas infonya Min. Jujur ini sangat berguna sekali bagi Saya

Leave A Reply