Tips Berpenghasilan di Usia Muda

 

Oleh Mawar Maharani Dewi

Kalian yang masih sekolah pasti sungkan kalau tiba-tiba duit jajan kalian habis dan nggak berani minta ke orang tua. Takut dimarahin karena boros, padahal udah berusaha buat nabung, tapi ada saja pengeluaran tanpa rencana. Contohnya print tugas dan fotokopi, lalu bagaimana solusinya jika hal ini terjadi? Berikut ini ada tips buat nambah uang jajan kalian, lumayan buat bantu orang tua juga. Simak, yuk!

  1. Jualan online

Kalian bisa memanfaatkan sosial media yang kalian punya buat promosi barang-barang yang kalian jual. Kalian bisa jualan ke teman-teman, atau tetangga. Sebelumnya, kalian bisa menghitung setiap laba atau untung dan ruginya. Cari juga barang-barang apa saja yang paling dibutuhkan oleh masyarakat saat ini. Jangan mematok harga terlalu mahal ya☺

  1. Menawarkan jasa

Seperti contoh : jasa edit foto atau video, jasa pengetikan, jasa les privat,dll. sesuai bakat yang kalian punya. Sebelum memulai, kalian harus lebih banyak belajar agar hasilnya memuaskan pelanggan.

  1. Kerja paruh waktu

Kalian bisa bekerja di restoran, bengkel, atau toko yang sedang membutuhkan karyawan tetapi tidak terikat waktu. Kalian juga harus mematuhi peraturan yang berlaku di sana, karena kalau kalian melanggar, itu akan mengurangi poinmu.

  1. Penulis artikel

Kalian bisa mencoba peluang ini dengan menulis artikel di blog yang kalian punya di internet atau di aplikasi khusus untuk para freelancer yang udah banyak sekali tersedia di Play Store. Sebelumnya kalian harus menguasai bahasa Indonesia dengan baik dan usahakan tulisan kalian menarik.

  1. Endorsemen / Paid Promote

Pekerjaan ini cocok untuk kalian yang mempunyai pengikut yang banyak di akun sosial media seperti Instagram. Kalian bisa membuka jasa promosi dan mematok harga yang sesuai dengan jumlah pengikut dan insight (orang-orang yang mengunjungi akun kalian). Gunakan juga kata-kata yang bisa menarik perhatian orang-orang sehingga mereka tertarik untuk membeli. Jangan menjemukan, itu akan membuat orang yang membaca postinganmu tidak begitu suka dan juga toko yang ngikiklan ke kamu tidak memercayaimu lagi.

  1. Youtuber

Untuk yang satu ini butuh usaha keras, karena jumlah subscriber juga menentukan pengunjung yang akan melihat video kalian. Apalagi youtuber pemula yang baru saja memulai dengan 0 subscriber. Tentu itu akan memakan waktu, mengingat persaingan dengan konten video lain. Tetapi jangan patah semangat, semua orang pasti mempunyai ciri khas masing-masing yang membedakan dengan yang lain.

  1. Jasa antar atau pengiriman barang

Kalian bisa bekerja sama dengan toko atau rumah makan yang belum menyediakan delivery order dan bisa membantu mereka dalam mengirim barang atau makanan konsumen yang malas keluar rumah.

  1. Membuka bisnis makanan

Kalian yang hobi masak, bisa membuat camilan atau makanan yang sedang kekinian dan menjualnya ke teman-teman atau tetangga. Pastikan sebelum di jual, rasanya sudah sesuai dengan resep yang dipakai sebagai patokan. Sebelumnya kalian harus menghitung harga bahan dan keuntungannya juga.

Itulah tips agar bisa berpenghasilan di usia muda, eits jangan asal ngelakuin ya, harus di pertimbangkan dan dipikirkan lebih matang. Karena jika sudah salah langkah yang ada malah rugi dan uang jajan semakin tipis. Namun apapun yang menjadi pilihanmu tentu ada resikonya, jangan takut untuk mencoba. Selamat mencoba, semoga sukses!

 

 

 

Leave A Reply