Temukan Passion-mu, Buatlah Hidup Lebih Bermakna

 

Oleh Alya Tsurayya Mumtaz

 

Sepertinya kata passion sudah tidak asing lagi di telinga. Passion dapat berarti kegemaran, kesukaan, atau kecintaan dalam melakukan sesuatu.Banyak orang sukses dan berpengaruh yang sering menyertakan kata passion dalam kalimatnya.Jadi,mengapa passion begitu penting?Jawabannya sederhana, karena passion adalah kecintaan pada pekerjaan yang kita lakukan. 

Jika kita melakukan pekerjaan sesuai dengan passion kita, otomatis pekerjaan itu akan terasa menyenangkan. Bekerja dengan passion juga membuat kita lebih nyaman dan tidak tertekan. Sehingga, pekerjaan yang kita lakukan lebih optimal.Passion juga dapat membantu ketika memilih jurusan kuliah atau pekerjaan. Jika kita masih bingung ingin bekerja di mana? Ingin menjadi apa kelak? Atau jurusan apa yang akan kita pilih? Mungkin menemukan passion dapat menjadi solusinya.

Seorang penulis dari Amerika Serikat, Joseph Campbell pernah berkata, “Passion yang kuat akan menggerakkan seseorang melampaui dirinya, melampaui kekurangannya, dan melampaui kegagalannya.”Itulah mengapa menemukan passion menjadi cita-cita banyak orang.Karena sekali kita menemukannya, hidup kita bisa jauh lebihbahagia, bermakna, dan pekerjaan kitajadilebih menyenangkan.Maka,mari berusaha menemukan passion kita.Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menemukan passion:

  1. Ingatlah hal-hal yang disukai sejak kecil

Ingatlah kembali hobi atau kebiasan kita ketika kecil. Apa hobi yang disenangi dan boleh jadi masih kita lakukan hingga sekarang? Apakah kita sejak dulu sudah suka membaca buku? Suka mewawancarai orang-orang? Suka bereksperimen dengan benda-benda di sekitar? Atau suka sekali menghitung sesuatu? Marilah mengingat kembali, siapa tahu itulah jawaban tentang passion kita selama ini.

  1. Temukan sesuatu yang membuat penasaran

Misalnya, kita baru saja memerhatikan seorang petugas yang mereparasi motor. Lantas muncul pertanyaan dalam kepala,bagaimana dia dapat memperbaiki sebuah motor hanya dengan mengganti sebuah piston-nya? Atau setelah menonton sebuah film, kita bertanya-tanya kenapa animasinya bisa sebagus itu. Perhatikanlah sekeliling kita, apakah ada hal menarik yang memancing rasa penasaran?Ketika kita sangat tertarik dan menggali lebih banyak informasi tentang sesuatu, boleh jadi itulah passion yang kita cari.

  1. Tuliskan minat dan cita-cita

Pikirkanlah hal apa saja yang disukai dan ingin menjadi seperti apa kita besok lusa. Setelah dipikirkan, tulislah semuanya. Tidak perlu khawatir jika berubah-ubah. Karena dengan menuliskannya, kita dapat melihat perkembangan diri dari waktu ke waktu dan menemukan hal apa saja yang benar-benar kita sukai.

  1. Tanyakanpendapat pada orang-orang terdekat

Kita juga dapat menanyakan pendapat orang-orang terdekat tentang diri kita sendiri. Bagaimana kelebihan dan kekurangan kita di mata mereka. Dan apa yang menurut mereka cocok atau menjadi keahlian kita selama ini. Meskipun begitu, pendapat mereka tidak harus selalu kita ikuti. Mungkin pendapat mereka dapat menjadi bahan pertimbangan untuk menemukan passion kita.

  1. Mencoba banyak hal

Yang terakhir, jangan pernah ragu untuk mencoba banyak hal. Semakin banyak yang kita coba semakin banyak pengalaman yang akan didapatkan. Maka, secara tidak sadar kita telah memperkaya diri dengan banyak informasi dan pengalaman berharga selama masa pencarian passion. Sehingga,waktu yang kita habiskan tidak terbuang percuma.

Perjalanan mencari passion memang tidak mudah, tetap ikita tidak boleh cepat menyerah.Semoga tips-tips di atas dapat membantu untuk menemukan passion kita. Selamat mencoba!

 

 

 

Leave A Reply