Si Introvert, Ekstrovert, atau Ambivert?

Karya : Hesty Veronika

 

Apa itu introvert, ekstrovert dan ambivert?

Intovert yaitu seseorang yang mendapatkan energi dari dalam dirinya sendiri.  Ekstrovert adalah seseorang yang mendapatkan energi dari dunia luar. Sedangkan Ambivert, adalah campuran antara introvert dan ekstrovert, jadi ia berada di tengah-tengah.

Nah, kamu termasuk orang yang introvert atau ekstrovert? Berikut adalah perbedaan antara si introvert dan si ekstrovert.

 

Introvert

  • Sering kerja sendiri dan lebih suka menyendiri

Biasanya orang introvert lebih suka mengerjakan  segala sesuatunya dengan sendiri. Contohnya dalam mengerjakan tugas kelompok, introvert cenderung lebih suka kerja sendiri, karena menurutnya dengan kerja sendiri ia akan lebih fokus.

  • Memiliki sedikit teman

Introvert memang lebih suka menyendiri dibandingkan berkumpul dengan keramaian. Namun, introvert lebih suka menyendiri dan tidak mempunyai banyak teman, introvert adalah seseorang dengan pendengar yang baik.

  • Lebih suka menulis daripada berbicara

Introvert lebih suka menuangkan isi pikiran mereka melalui tulisan,  dari pada berbicara secara langsung. Karena menurutnya, itu lebih nyaman dibandingkan berbicara secara langsung.

  • Rasa ingin tahu yang tinggi

Introvert adalah seseorang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Introvert termasuk sesorang yang mudah bosan, untuk itu ia selalu mencari ide baru untuk menghilangkan kejenuhannya.

  • Suka melamun

Introvert memiliki banyak ide baru di dalam pikirannya. Oleh karena itu, introvert lebih sering melamun untuk merimajinasi.

 

Ekstrovert

  • Tidak suka menyendiri

Ekstrovert tidak suka menyendiri. Karena menurutnya berada di tengah orang banyak adalah hal yang lebih menyenangkan dan membuatnya merasa nyaman dibandingkan sendirian.

  • Senang berada di tengah orang banyak

Dari point yang pertama, ekstrovert lebih suka berada di tengah orang banyak. Ia bahkan sangat suka ikut dalam kegiatan sosial, bahkan menjadi pemimpin.

  • Memiliki teman yang banyak

Ekstrovert memiliki teman yang banyak, karena ia suka mengikuti kegiatan sosial dan berada di tengah orang banyak. Ia juga memiliki jaringan sosial yang luas dan memiliki banyak kenalan. Dan biasanya yang suka ngegibah adalah ekstrovert loh.

  • Optimis

Ekstrovert adalah orang yang ceria, ramah, mudah tersenyum, dan ceria.

 

Ambivert

  • Pendengar yang baik

Kita tahu bahwa introvert cenderung lebih suka mendengar, dan ekstrovert lebih suka berbicara. Tapi, ambivert adalah seseorang yang tahu kapan harus berbicara dan kapan menjadi pendengar.

  • Dapat mengetahui situasi sosial

Ambivert merasa nyaman berada di tengah orang banyak, namun ia juga menghargai waktu untuk sendiri.

  • Memiliki empati yang tinggi

Ambivert adalah seorang pendengar yang baik, yang mengerti akan situasi seseorang.

Nah, jadi kamu adalah si intovert, ekstrovert, atau si ambivert?

 

 

1 Comment

  • Febriana

    June 26, 2020

    Terkadang menjadi seorang ambrivet yang tidak hanya menjadi pendengar yang baik namun kita ambovert kita ingin didengarkan karena semua orang kebanyakan lebih suka didengarkan daripada mendengarkan orang lain saya si ambovert sangat bersyukur karna saya lebih suka mendengarkan orang lain jika meminta saran,curhat ataupun hanya sekedar basa basi saja, saya berusaha untuk menjadi seorang pendengar yang baik dengan salah satu cara ini saya merasa telah mengahargai kepercayaan orang tersebut karena telah bercerita kepada saya dan mendengarkan semua saran yang saya berikan

Leave A Reply