Merawat Mental di Tengah Isu Sosial

Oleh : Neila Putri Priandika

Berbicara tentang mental, apa yang kalian pikirkan? Tentunya akan terlintas terkait kesehatan mental buka? Akhir-akhir ini sedang marak terjadinya isu sosial di tengah masyarakat. Contoh nyata seperti kasus perundungan dan insecure yang menyebabkan kesehatan mental seseorang terganggu. Ada yang memilih untuk mengatasi, ada juga yang tidak bahkan mengabaikannya. Lalu bagaimana jika seseorang mengabaikan kesehatan mental?

Kesehatan mental yang diabaikan dalam waktu yang lama ternyata bisa berakibat fatal. Mulai dari stres ringan sampai pada gangguan mental tingkat akut akan terus menghantui mereka yang mengabaikan kesehatan mental ini. Pastinya hal ini akan berakibat ke produktivitas serta kreativitas kita sebagai “Agent of Change”. Berikut adalah tips yang bisa kalian terapkan untuk merawat kesehatan mental di tengah maraknya isu-isu sosial :

  1. Mempererat hubungan dengan Tuhan

Ini adalah hal utama yang harus dilakukan. Saat hubungan dengan tuhan baik maka tidak ada alasan mengapa kita harus merasa stres ataupun insecure terhadap isu-isu sosial di luar sana. Jadi perbaiki hubungan dengan Tuhan, maka Tuhan akan memperbaiki hidupmu.

  1. Berpikiran positif

Seseorang yang mengalami gangguan kesehatan mental biasanya memiliki sedikit energi positif dalam hidupnya. Ia selalu diliputi oleh pikiran negatif, entah pada diri sendiri ataupun orang lain. Maka dari itu salah satu cara merawat kesehatan mental adalah selalu melihat segala sesuatu dari sisi positifnya.

  1. Berdamai dengan diri sendiri

Rasa insecure muncul karena seseorang tidak bisa menerima apa yang sudah ada pada dirinya, yang membuatnya merasa minder dan tidak ingin berkembang. Ia diliputi kekhawatiran  yang menghambatnya untuk berkarya. Salah satu cara melawan rasa insecure adalah berdamai dengan diri sendiri, menerima kekurangan dan kelebihan diri serta menjadikanya motivasi untuk berkembang. Tanamkan ini, setiap orang diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing.

  1. Berikan hak istirahat yang cukup pada tubuh

Cukup bukan berarti berlebihan ataupun kekurangan ya, cukup artinya sesuai dengan porsinya. Sering kali seseorang mengalami stres karena waktu istirahat yang kurang ataupun berlebihan, sehingga tubuh tidak bisa bekerja dengan baik. Agar kesehatan mental kita terjaga, pastikan anda memberikan hak istirahat yang cukup pada diri anda sendiri.

  1. Pola hidup yang sehat

Sadar nggak sih, pola hidup yang sehat juga akan meningkatkan kesehatan mental seseorang? Buat kalian yang sering mengalami stres karena pekerjaan atau karena isu sosial yang anda terima, cobalah ubah pola hidup menjadi lebih sehat. Anda bisa melakukan mulai dari hal sederhana seperti bangun pagi, olah raga, makan makanan sehat, berkegiatan yang menunjang pikiran positif.

 

  1. Membaca atau mendengarkan musik

Saat diri mengalami tekanan sosial, membaca atau mendengarkan musik bisa menjadi alternatif untuk proses penyembuhan mental. Alunan musik yang tenang serta bacaan buku yang positif bisa membuat suasana hati berubah.

  1. Berikan reward kepada diri anda sendiri

Setelah kerja keras yang sudah kalian lakukan, alangkah baiknya jika kita memberikan reward pada diri sendiri. Seperti melakukan refreshing untuk penyegaran fikiran dan menjaga kesehatan mental. Intinya, mulai menghargai diri sendiri agar orang lain juga menghargai kita

 

 

 

Leave A Reply