Mengapa Kita Harus Menulis?

Mengapa Kita Harus Menulis?

Menulis jika dilakukan dengan sepenuh hati tentu akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Dengan hati yang ikhlas serta tanpa beban juga bisa menghasilkan tulisan yang bagus. Apabila dibandingkan dengan menulis secara terpaksa, hasil tulisan akan sangat terasa berbeda. Karena tidak sedikit orang yang menganggap menulis itu susah dan membosankan. Mungkin kalau kamu juga beranggapan seperti itu, kamu belum tahu apa alasan dan tujuanmu menulis.

Entah itu menulis puisi, cerita pendek, prosa, artikel, curhatan pribadi, atau yang lainnya usahakan tahu kenapa menulis. Dari sekian banyak alasan kenapa kita harus menulis, berikut beberapa ringkasan yang sering orang jadikan alasan dalam menulis:

1. Berbagi Ide

Menulis berarti menuangkan apa yang ada dipikiran ke dalam kata-kata yang akhirnya menjadi sebuah tulisan. Dengan menulis kamu bisa membagikan ide-ide, gagasan, atau pikiran kepada orang lain. Hal tersebut tentu bisa bermanfaat bagi orang yang membacanya.

Kamu juga bisa menulis dan mempublikasikannya melalui berbagai media, entah itu media cetak maupun online. Selain bermanfaat bagi diri sendiri, tulisan yang kamu buat bisa menambah wawasan orang yang membaca. Maka tulislah sesuatu yang baik dan bermanfaat ya.

2. Menyalurkan Kreativitas

Menyalurkan kreativitas adalah salah satu alasan yang bisa kamu anut ketika menulis. Dengan menulis secara disiplin setiap hari, pasti tulisan yang dihasilkan akan semakin bagus. Menulislah secara konsisten dan hasilkan karya-karya baru yang bisa membanggakan dirimu serta orang-orang di sekeliling.

3. Meluapkan Perasaan

Kamu bisa mengungkapkan semua perasaan dan unek-unek ke dalam tulisan. Pena dan kertas tidak akan menghianati perasaan yang kamu tulis. Beban yang sedang dirasa juga akan berkurang ketika kamu menuliskannya. Tuliskan apa saja yang sedang terjadi dalam hidupmu, entah itu masalah pekerjaan, asmara, keluarga, dan lainnya. Percayalah menulis bisa membantu melegakan kegundahan hati.

4. Sarana Komunikasi

Ketika kamu sudah tidak tahu harus bercerita kepada siapa, kamu bisa menceritakan keluh kesah dengan menulis. Selain mengadu pada Allah, tulisan juga bisa kamu jadikan sarana berkomunikasi dengan diri sendiri. Berbincang tentang hal-hal keseharian ataupun harapan-harapan untuk masa depan.

5. Menciptakan Waktu Produktif

Menulis bisa dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu luang yang bermanfaat lho. Daripada membuang waktu begitu saja, mending diisi dengan menulis. Selain ada karya yang dihasilkan, waktumu juga menjadi lebih produktif.

Dengan alasan-alasan di atas, kamu sekarang sudah tahu kan kenapa kita harus menulis? Apapun alasan kamu, pastikan ada manfaat di dalamnya. Jadikan menulis sebagai kegiatan yang menyenangkan dan singkirkan pikiran bahwa menulis itu susah serta membosankan.

2 Comments

  • Ade Elfhina Pilisia

    April 9, 2020

    Inspirasi pena ,,ini suatu yang keren dimana halu kita sudah seperti bisa tergapai dengan kita menulis semoga inspirasi pena bermanfaat bagi orang banyak,,beneran ini itu bagus untuk anak muda dari pada gabut stay home mending gabung ke inspirasi pena..

  • Aiza El Diana

    April 15, 2020

    Tapi menurut saya menulis bisa menjadi lebih dari itu karena dengan menulis saya dapat mendokumentasikan hidup saya sebagai kaca perbandingan antara saya yang dahulu dan saya yang sekarang apakah menjadi lebih baik atau buruk ,dan jika saya memiliki kesahalan di masa yang dahulu dengan tulisan yang saya dokumentasikan di selama hidup saya akan selalu saya ingat dan mengingatnya kembali untuk tidak melakukannya lagi….. Itu lebih berarti dari alasan menulis buat saya

Leave A Reply