Menduniakan Tulisan, Mengubah Peradaban

Oleh : Neila Putri Priandika

 

Pernahkah kalian berpikir bagaimana cara mengubah peradaban? Tentunya ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mengubah peradaban yang ada kini. Akan tetapi, terkadang kita berpikir “Siapakah kita? Apakah mungkin bisa mengubah peradaban? Apa yang harus dilakukan?” Pertanyaan-pertanyaan semacam ini seringkali menjadi penyebab ragu pada diri seseorang. Oleh sebab itu di sini saya ingin membagikan sebuah wawasan tentang mengubah peradaban dengan cara yang sederhana.

Pernahkah kalian membaca sesuatu dan tulisan itu terus menancap pada diri kalian? Tanpa kalian sadari sebenarnya tulisan adalah senjata yang cukup ampuh untuk mempengaruhi seseorang. Mari kita lihat, betapa banyak wawasan yang terbuka setelah kita membaca buku-buku pengetahuan? Lihat pula, betapa banyak pertengkaran hanya karena sebuah tulisan? Jadi kata kuncinya di sini adalah tulisan.

Kemanakah peradaban akan dibawa, bergantung pada tulisan yang diabadikan. Apakah memuat hal-hal positif ataukah hal-hal negatif. Oleh sebab itu, jika ingin membuat peradaban yang baik maka cobalah untuk menulis hal-hal yang baik mulai dari sekarang. Lalu, bagaimana cara kerja tulisan hingga mampu mengubah peradaban? Silahkan simak penjelasan berikut.

  1. Membuat tulisan

Pastikan menulis sesuatu yang bernilai positif bagi diri anda dan juga orang lain. Mengapa demikian? Kiranya begini “apa yang telah kita tulis akan tetap abadi meski suatu saat raga kita telah pergi.” Bayangkan bila semasa hidup anda telah membuat banyak tulisan yang bermanfaat bagi orang lain, mengubahnya menjadi pribadi yang lebih bersemangat dalam hidup. Bukankah itu suatu prestasi yang besar bagi hidup anda? Jadi pastikan menata niat dahulu sebelum menulis, lalu buatlah tulisan yang akan membawa manfaat nantinya meski raga anda telah pergi.

  1. Mengoreksi tulisan 

Setelah menulis pastikan anda membaca tulisan anda. Apakah tulisan tersebut telah layak dibaca orang lain ataukah belum. Koreksi dan sempurnakan tulisan anda agar menjadi tulisan yang baik dan lebih baik lagi.

  1. Mempublikasikan tulisan

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mempublikasikan apa yang telah anda tulis. Jika anda yakin apa yang anda tulis adala sesuatu yang baik dan benar maka jangan ragu untuk mempublikasikannya. Jangan pedulikan apa kata orang, selagi itu baik maka lakukan. Niatkan untuk mengubah peradaban menjadi lebih baik dengan tulisan yang anda buat sepenuh hati. Teruslah mempublikasikan meskipun hanya sedikit yang menaruh perhatian, sebab jika jalan kita adalah kebaikan maka biarlah Tuhan yang memberi balasan atas apa yang kita usahakan.

  1. Tulisan dibaca khalayak

Tulisan yang telah anda publikasikan akan dibaca oleh khalayak. Pada tahap ini khalayak umum akan menentukan sikap mereka, apakah akan menerima tulisan anda ataukah mengacuhkannya.

  1. Keputusan dari sebuah tulisan

Setelah membaca sebuah tulisan maka khalayak akan menentukan sikap. Jika tulisan tersebut sejalan dengan apa yang mereka rasakan maka biasanya orang-orang akan mendengarkan apa yang telah disampaikan. Betapa banyak Negara yang sukses karena memiliki bacaan-bacaan yang mengesankan. Pun, betapa banyak pertumpahan darah terjadi karena tulisan yang tak tahu diri.

 

Jadi kesimpulannya adalah kemana peradaban dibawa adalah terantung dari apa yang kita baca. Tulisan mampu mengubah peradaban, maka tulislah sesuatu yang memberi manfaat bagi orang banyak.

 

 

 

Leave A Reply