Lebih Kreatif di Era Digital

 

Oleh : Rudi Widianto

Perkembangan teknologi akan dibarengi dengan perubahan wajah lapangan kerja global. Forum Ekonomi Dunia atau World Economic Forum (WEF) dalam jurnal The Future of Jobs Report (2018) menyebutkan, dampak dari perkembangan ini adalah kurang dari lima tahun lagi 54% pekerja seluruh dunia akan membutuhkan program-program pendidikan yang mengajarkan keahlian baru. 

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim dalam banyak kesempatan menyampaikan agar guru lebih kreatif dan selalu berinovasi dalam praktik pembelajaran di sekolah, baik di dalam ruang kelas maupun di luar kelas (Outing class).Berpikir analitis dan berinovasi, pembelajar aktif, kreatif dan inisiatif, desain teknologi dan pemrograman, kepemimpinan, kecerdasan emosional, penalaran matematis merupakan keahlian penting dalam menghadapi persaingan di masa yang akan datang.

Salah satu dampak dari perubahan kebutuhan keahlian di masa depan adalah dominasi dunia digital. Kita bisa merasakan bersama di masa pandemi COVID-19 ini, saat seruan stay at home, school from home, dan work from home,dunia digital dan desain grafis khususnya, menjadi media paling atraktif dalam menyampaikan informasi. Berikut beberapa keterampilan penting yang perlu dikuasai di era digital.

  1. Desain grafis

Sejak kita bangun tidur dan mengoperasikan gawai yang terhubung dengan internet, bermain sosial media dan game online, maka tidak bisa dilepaskan dari unsur visual grafis.Kita akan semakin akrab dengan desain grafis, seperti mengoperasikan software Photoshop, Corel Draw, Ilustrator, Adobe Premiere dan lain sebagainya. 

  1. Fotografi dan Videografi

Fotografi dan videografi tidak sekadar menggunakan kamera DSLR, tidak selalu menggunakan piranti yang canggih dan mahal. Ide kreatif seorang fotografer dan videographer sangat penting dibanding alat itu sendiri. Kalian bisa menggunakan smartphone, kamera mirrorless, kamera polaroid dan kamera lainnya untuk mengabadikan momen spesial dan membagikannya di media sosial. Dalam perkembangan dunia digital keterampilan fotografi dan videografi wajib dikuasai.

  1. Menulis

Kemampuan menulis sudah kita lakukan sejak berada di sekolah dasar. Mengarang cerita pendek, menulis buku harian, menulis dan berkirim surat, menulis di media sosial, dan blog adalah aktifitas menulis yang sering dilakukan. Semua orang bisa melakukannya, tetapi ide kreatif menyampaikan gagasan dalam sebuah tulisan akan menjadi lebih bernilai dari pada sekadar curhat di media sosial. 

  1. Berwirausaha

Kemampuan berwirausaha menjadi sangat penting saat ini, mempelajarinya dengan tekun bagaimana proses jual beli baik jasa maupun barang akan menjadi nilai tambah yang dimiliki seseorang. Indonesia dengan potensi konsumen e-commerce terbesar, strategi berwirausaha yang baik dan benar melahirkan banyak jutawan muda sukses.

  1. Negosiasi

Selain memiliki kemampuan menjual maka kamu juga harus memiliki kemampuan bernegoisasi. Bernegoisasi bukan hanya sekadar tentang harga, tetapi negosiasi merupakan kemampuan komunikasi untuk mencapai sebuah kesepakatan penting. Dewasa ini kemampuan berkomunikasi kita mengalami degradasi dan mengarah ke destruktif,kita bisa melihatnya di lini masa sosial media.

  1. Bahasa Inggris

Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional menjadi alat komunikasi lintas batas diseluruh dunia.Banyak akses komunikasi dan sumber referensi belajar bahasa Inggris yang sangat menunjang perkembangan kualitas kemampuan kalian.

 

Selain enam keahlian di atas, kita juga mengembangkan keahlian-keahlian lain untuk menunjang kesiapan kita hidup di era digital ini.Sedikit kemauan untuk belajar hal baru, semangat menjadi lebih kreatif dan cepat beradaptasi terhadap hal baru akan membuat kita mampu bertahan ditengah-tengah laju perkembangan teknologi yang begitu cepat

 

 

Leave A Reply