Kamu Sedang Belajar Menulis? Ini Dia Tips Awalnya

Setiap orang memiliki persepsi tersendiri terhadap kegiatan tulis-menulis, ada yang mengatakan sebagai hal yang menyenangkan tetapi tidak sedikit juga yang mengatakan sebagai kegiatan yang membosankan. Menulis selain menambah pengetahuan juga dapat memberikan informasi untuk orang lain. Saat ini menulis juga bisa mendatangkan pundi-pundi uang lho. Salah satunya yaitu menjadi penulis blog atau biasa diikenal dengan blogger. Dengan menulis di blog atau website, kamu bisa membuat tulisan tentang review sebuah produk dan menjadikannya ladang penghasilan. Nah kalau kamu tertarik atau sedang belajar menulis, berikut ini beberapa langkah awal yang harus kamu lakukan.

  1. Pilihlah Topik yang Sesuai

Namanya belajar menulis pasti dari hal-hal sederhana terlebih dahulu. Pilihlah topik tulisan yang paling kamu kuasai, tidak perlu memaksakan untuk langsung menulis hal yang berat. Kamu bisa menuliskan tentang makanan, tempat-tempat wisata, gaya hidup, atau yang lainnya yang kamu senangi. Dengan begitu kamu lebih mudah memilih kata-kata untuk tulisanmu.

  1. Riset Data Pendukung

Supaya tulisanmu lebih hidup, hal yang harus dilakukan yaitu melakukan riset untuk data pendukung. Banyak sumber yang bisa kamu jadikan rujukan, di antaranya buku, majalah, surat kabar, maupun wawancara secara langsung dengan pihak yang berkaitan. Menulis juga tidak bisa terlepas dari kegiatan membaca, oleh karena itu perbanyak bacaan untuk kemampuan tulis-menulis.

  1. Buat Kerangka Tulisan

Setelah menentukan topik apa yang akan dibahas dan telah melakukan riset untuk data pendukung, langkah selanjutnya yaitu membuat kerangka tulisan. Guna kerangka tulisan sendiri yaitu untuk mempermudah kemana arah tulisanmu nanti. Garis besar susunan pembuka, isi, hingga penutup sebaiknya ditulis dalam kerangka tulisan. Kerangka tulisan yang kamu buat akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah mulai menulis.

  1. Menulis

Setelah topik terpilih, kerangka tulisan sudah ada, riset telah dilakukan, maka langkah berikutnya yaitu menulis. Di era ini kamu tidak perlu bingung mencari alat untuk menulis, kamu bisa menggunakan komputer, laptop, bahkan gadget untuk menulis. Tulislah pelan-pelan apa yang akan kamu bahas. Salurkan semua ide dan gagasan yang kamu miliki kata demi kata menjadi sebuah tulisan yang utuh.

  1. Edit

Periksalah kembali tulisanmu yang sudah selesai kamu buat. Kemudian edit bagian-bagian yang menurutmu kurang pas atau sering mengalami kesalahan penulisan kata atau biasa disebut typo. Langkah ini adalah cara untuk mempercantik tulisan dan membuatnya lebih enak dibaca.

  1. Bagikan Lewat Media Sosial

Tulisanmu sudah selesai? Silakan bagikan kepada orang lain dengan berbagai cara, salah satunya bisa lewat media sosial. Media sosial sangat memungkinkan tulisanmu dibaca orang lain dan siapa tahu bisa memberikan informasi untuk mereka. Kemudian kamu juga bisa memperoleh saran dan kritik dari pembaca untuk dijadikan pelajaran di tulisan-tulisan berikutnya. Selamat mencoba!.

2 Comments

  • Fransisca Estifiani

    March 22, 2020

    Semoga lewat karya yang di sampaikan mampu menjadikan sesuatu yang biasa di pendam didalam hati bisa keluar untuk di tampilkan untuk bisa menginspirasi dan jadi yang terbaik untuk kita semua….

  • Uut

    May 3, 2020

    Artikelnya sangat bermanfaat untuk aku yang baru ingin memulai menulis. Sukses terus inspirasi pena 🤗

Leave A Reply