Jangan Lupakan Masa Lalu, Tapi Belajarlah dari Masa Lalu

Oleh : Alfira Rohaina

 

Setiap orang pasti mempunyai kisah hidup masing-masing. Entah itu kisah sedih, senang, keajaiban, perjuangan, kegagalan dan masih banyak lagi. Setiap orang tidak akan pernah bisa lepas dari kisah-kisah masa lalu. Kisah yang pernah terjadi dalam hidup adalah sebuah sejarah yang sangat berharga, yang nantinya bisa kita ceritakan kepada anak-cucu kita di kemudian hari.

Kadang masa lalu itu membuat pelakunya menjadi ketakutan dan bisa jadi mengalami trauma. Karena kejadian yang tidak diinginkan dari kehidupannya. Tidak jarang kita menemukan orang berkata, “lupain aja masa lalu,” atau “itukan cuma masa lalu, gak penting.” Padahal jika kita bisa ambil hikmah dari setiap kejadian yang kita alami di masa lalu, kita bisa menemukan banyak hal di kemudian hari. Cara untuk berdamai dengan masa lalu adalah berdamai dengan diri sendiri, menerima apapun keadaan kita hari ini. 

Masa lalu ada bukan untuk dilupakan, karena suatu saat akan teringat kembali. Bagaimana pun keadaannya jika hanya ingin lupa pasti akan ingat lagi. Masa lalu tercipta untuk dipelajari dan diperbaiki, bukan untuk ditakuti. Dengan masa lalu kita bisa tau standar hidup terburuk kita seperti apa. Dari masa lalu juga, kita belajar untuk menemukan solusi untuk tidak mengulangi kesalahan lagi, membangkitkan semangat diri untuk berjuang lebih keras lagi.

Jika kita berusaha untuk melupakan masa lalu, mungkin kita tidak tau artinya belajar dari kesalahan. Banyak hal positif yang kita ambil jika belajar dari masa lalu. Berikut ini tiga hal kecil yang kita dapatkan jika belajar dari masa lalu.

  1. Menjadi lebih bersyukur

Apapun yang terjadi, jika kita sudah mengikhlaskan diri dari kejadian di masa lalu akan membuat kita lebih bersyukur. Membuat diri lebih memaknai arti kehidupan lebih dalam lagi. Dengan bersyukur kita bisa lebih bahagia dari kehidupan yang lalu.

  1. Menjadi lebih kuat

Setiap kegagalan, kesedihan, kesakitan di masa lalu adalah badai. “Pelaut ulung tidak lahir dari ombak yang tenang,” seorang pejuang tidak lahir dari hal-hal biasa. Dia akan menerjang badai untuk menjadikan dirinya lebih tangguh.

  1. Lebih menghargai perjuangan

Berjuang itu tidak mudah, lelah dan keras. Maka dari itu, sekecil apapun usaha kita untuk bangkit dari masa lalu, pasti akan terasa besar dampaknya di kemudian hari. Itu membuat kita lebih menghargai arti sebuah perjuangan. 

Jadi, mulailah belajar dari masa lalu. Mencoba untuk mencari makna di setiap kejadian yang kita alami hari ini. Karena hari ini, akan menjadi masa lalu yang kita ciptakan. Ciptakan masa lalu mu dengan penuh kebaikan mulai dari sekarang.

 

 

Leave A Reply