Hasilkan Cuan Melalui Sosial Media

Oleh Karunia Sylviany Sambas

 

Di masa pandemi ini banyak peluang bisnis jika kita bisa melihatnya dengan jeli. Aktivitas kita dalam bersosial media bisa menjadi peluang yang menjanjikan. Contohnya, lingkaran pertemanan dengan para penulis membuat kita mendapatkan informasi tentang kepenulisan menjadi peluang manis. Berikut empat hal yang bisa Sahabat pertimbangkan agar kegiatan jalan-jalan di sosial media tidak hanya aktivitas rutin rebah-rebahan:

 

  1. Menulis di media daring

Kalau kita mau masuk lebih dalam ke ranah literasi ini, fokus kita bahkan bisa terbagi-bagi karena saking banyaknya lowongan menulis. Di tengah pandemi dan rubrik media cetak yang mati suri, kehadiran media daring sangat disyukuri. Para pegiat literasi mengubah haluan menghujani media daring dengan tulisan. Ada baiknya, sebelum Sahabat memutuskan untuk mengirim tulisan, kenali dahulu media tersebut, tulisan seperti apa yang disukai redakturnya, agar peluang pemuatan naskah Sahabat semakin besar. 

 

  1. Menjadi influencer

Punya banyak pengikut di sosial media? Gunakan kesempatan itu untuk menjadi orang yang berpengaruh (influencer). Kita bisa melakukan banyak kebaikan dan menyebarkannya ke ranah yang lebih luas. Misalkan tentang 3M yang sekarang menjadi kampanye di sana-sini, menyebarkan isu yang benar agar berita hoaks tidak menyebar, mempromosikan UMKM teman, dan masih banyak hal lainnya.

 

  1. Mengikuti lomba

Lomba-lomba banyak diadakan oleh akun kementerian. Rajin-rajin cek akun instagram mereka. Saat mengikuti lomba, kemampuan Sahabat dalam berkompetisi akan diuji. Hadiah yang ditawarkan juga termasuk kategori tak main-main. Sosial media bisa digunakan untuk riset bahan perlombaan. Efektif dan efisiensi penggunaan sosial media ini memang tergantung di jari kita.

 

  1. Optimasi sosial media

Sosial media yang dikelola dengan baik, akan mendatangkan lirikan dari brand. Bisa jadi Sahabat mendapatkan pekerjaan dengan mempromosikan barang mereka. Dapat kiriman barang dan dapat uang tambahan. Jadi, sosial media bukan hanya sekadar stalking mantan. Eh?

Demikian empat hal yang bisa kita lakukan agar kegiatan dalam bersosial media menjadi lahan meraup cuan. Kegiatan bersosial media bisa menjadi lahan rezeki baru di masa pandemi. Silakan dicoba, ya! (*)

 

 

1 Comment

  • Anita Resitry Sitorus

    November 8, 2020

    It’s so good idea 🤩

Leave A Reply