Berikut Ini Kebiasaan Baik yang Seharusnya Kamu Lakukan

Setiap hari mungkin kita sering tidak sadar dengan kebiasaan apa yang telah dilakukan, yang bahkan menganggapnya sebagai hal wajar padahal kurang baik. Dan banyak kebiasaan baik yang seharusnya dilakukan tapi justru diabaikan. Manusia memang tempatnya salah dan lupa, akan tetapi kita bisa mengontrol diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan melakukan kebiasaan yang baik.

Dengan menyadari mana kebiasaan baik dan mana kebiasaan buruk, kita bisa membuat hidup berjalan lebih terarah dan menyenangkan lho. Lalu kebiasaan baik apa saja yang seharusnya dilakukan? Berikut ini Inspirasi Pena akan membagikannya, simak sampai selesai ya.

  1. Minum Air Putih

Tahukah kamu 60% tubuh kita adalah air, sehingga konsumsi air putih sangat bermanfaat untuk membantu proses pencernaan dan mengontrol metabolisme tubuh. Untuk membantu membisakan diri minum air putih secara rutin, sebaiknya bawa botol air minum setiap beraktivitas. Karena setiap harinya tubuh kita membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih. Jadi, perbanyak minum air putih untuk kebaikan tubuh kita ya.

  1. Menulis

Kegiatan positif sebenarnya sangat banyak sekali, salah satunya yaitu menulis. Menulis merupakan kebiasaan baik yang dapat mengasah kemampuan otak. Selain itu menulis juga merupakan cara yang efektif untuk menambah kosa kata baru. Nah salah satu wadah atau media yang bisa dijadikan inspirasi untuk kegiatan kepenulisan yaitu inspirasipena.id

  1. Olahraga

Dengan berolahraga tubuh kita akan terasa segar dan lebih semangat dalam beraktivitas sehari-hari. Rutin olahraga tidak hanya menyehatkan badan, tapi juga membuat pikiran tehindar dari hal-hal negatif. Setidaknya luangkan waktu 30-60 menit untuk berolahraga setiap harinya.

  1. Membaca

Daripada menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan atau rebahan di kamar lebih baik gunakan waktu luang untuk membaca. Buku adalah gudangnya ilmu pengetahuan, sehingga kebiasaan membaca ini sangat baik untuk menambah wawasan. Membaca juga bisa menambah literasi untuk kamu yang suka menulis.

  1. Kontrol Diri Saat Bermain Gadget

Saat ini gadget bukan lagi barang yang langka, hampir semua orang memilikinya. Namun, banyak orang yang terbuai dan larut bermain gadget hingga lupa waktu. Mungkin banyak yang tidak menyadarinya, tapi hal ini bisa memengaruhi otak kita. Oleh karena itu, biasakan untuk mengontrol diri ketika menggunakan gadget. Gunakanlah sewajarnya dan secukupnya, karena yang berlebihan tidak baik.

  1. Bergaul dengan Orang-orang yang Berpengaruh Positif

Lingkungan merupakan salah satu faktor penentu perilaku dan kebiasaan seseorang. Walaupun tidak berlaku secara keseluruhan, tetapi kebanyakan lingkungan memang memengaruhi kebiasaan yang kita lakukan. Salah satu lingkungan yang baik adalah lingkungan yang di dalamnya terdapat orang-orang positif.

  1. Selalu Bersyukur

Bersyukurlah setiap saat atas apa yang sudah kamu lewati dalam hidup ini. Dengan bersyukur hidup kita akan terasa lebih bahagia. Nikmat hidup semakin bertambah ketika kita selalu mensyukurinya.

Itulah kebiasaan-kebiasaan baik yang seharusnya kamu lakukan. Semoga bermanfaat ya!

 

 

1 Comment

  • Anisa Maulidiya Putri Rahman

    April 22, 2020

    1. Set alarm untuk bangun pagi
    2. Olahraga pagi
    3. Bereskan pekerjaan rumah
    4. Kontrol penggunaan hp
    5. Bergaul dengan orang yang berpengaruh positif
    6. Menjaga pola makan
    7. Tidur 8 jam

Leave A Reply