Arti Penting dan Peran Sabahat dalam Kehidupan

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa melepaskan diri dari pengaruh manusia lain. Artinya semandiri apapun, seseorang tetap membutuhkan sosok teman dalam hidupnya. Karena dalam hidup butuh sebuah interaksi yang mana harus ada lawan komunikasinya. Salah satunya adalah seorang sahabat yang sering dijadikan tempat untuk berkeluh kesah dan berbagi tentang masalah hidup. Lalu apa saja arti penting dan peranan sahabat dalam kehidupan seseorang? Berikut ini tiga di anataranya:

  1. Tempat Berbagi

Terkadang saat hidup kita terasa menyenangkan atau menyedihkan, kita butuh tempat untuk berbagi apa yang sedang dirasa. Kita butuh sosok yang bisa mendengarkan keluh kesah kita dalam menjalani hidup. Selain Sang Pencipta yang selalu bersedia mendengarkan keluh kesah kita, ada seorang sahabat yang dengan senang hati akan mendengarkannya. Baik dalam sedih, duka ataupun ceria mereka akan tetap ada saat kita membutuhkannya. Dengan adanya sahabat tentu hidup kita terasa lebih berarti dan merasa  lebih berharga. Oleh karena itu, jagalah sebaik mungkin persahabatan yang telah kamu miliki, jangan sampai terputus hanya karena kesalahpahaman belaka. Saling berbagi dengan sahabat merupakan cara untuk tetap mempertahankan arti penting sahabat itu sendiri.

  1. Penasihat yang Baik

Ketika kita melakukan sebuah kesalahan dan kekeliruan dalam hidup, maka sahabat akan tetap berada di samping kita dan bersedia memberikan solusi yang tepat. Mereka akan dengan senang hati meluruskan apa yang salah dan mengajak kembali pada jalan yang benar. Sahabat yang baik tidak akan langsung menghakimi dan meninggalka ketika kamu berbuat kesalahan. Mereka tentu bersedia menasihati dan memberikan saran bagaimana seharusnya kamu bersikap menghadapi sebuah masalah.

  1. Sebenar-benarnya Teman

Mungkin kamu mempunyai teman yang sangat banyak jumlahnya, tetapi kamu akan menyadari siapa sahabatmu tatkala kamu sedang ada masalah. Siapa teman yang selalu ada saat senang maupun sedih, itulah yang bisa kamu sebut sebagai sahabat. Jika menurutmu orang yang selalu hadir setiap saat adalah pasangan seperti pacar, maka itu tidak sepenuhnya benar. Pacar bisa saja sakit hati lalu meninggalkanmu saat ada masalah. Namun seorang sahabat tidak demikian, kamu akan sadar bahwa ternyata sahabat lebih penting dari pacar. Sahabat akan selalu ada di sisimu apapun keadaanmu, sedangkan pacar tidak selamanya seperti itu.

Itulah arti penting dan peran sahabat dalam kehidupan kita. Sebenarnya masih banyak arti dan peranan penting lainnya yang bisa kamu rasakan sendiri. Dengan merasakan pentingnya arti sahabat, semoga bisa membuatmu lebih menghargai dan menjaga persahabatan tersebut. Kamu juga bisa mengabadikan momen-momen bersama sahabat dengan cara menuliskannya menjadi sebuah cerita. Selain bermanfaat pastinya akan menjadi kenangan yang sangat berkesan. Terima kasih, semoga ada manfaat yang bisa dipetik.

Leave A Reply