Ambil Hikmahnya! Ramadan Berkah, Pahala Berlimpah

Karya : Aulia Ramadhani Nur Hidayah

 

Bulan Ramadan… Jika mendengar kata tersebut pasti terbersit di sanubari teman-teman yaitu puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, sahur di tengah kantuk dan terkadang mendekati imsak, serta salat tarawih yang terkadang membuat ngantuk karena imam yang terlalu lama membaca. Tetapi, perlu kita ketahui bahwa puasa bukan hanya mencakup tiga hal itu saja.

Ramadan kali ini pun juga berbeda dari biasanya, hadirnya virus corona ditengah kita membuat semua rencana dan kegiatan harus tertunda untuk sementara. Namun, adanya virus tersebut di bulan Ramadan ini seakan ingin memberi tahu kepada kita bahwa ada hikmah dibalik musibah. Oleh karena itu, jika kita memanfaatkan waktu yang ada selama Ramadan ini tentu banyak hikmah yang dapat kita ambil bukan?

Nah, dibawah ini ada beberapa hal yang teman-teman dapat lakukan dan ambil hikmahnya :

  • Membaca Alquran

Membaca Alquran tentu bukan hal yang asing lagi jika kita kaitkan dengan bulan Ramadan, sebab jika kita membacanya di bulan Ramadan banyak pahala yang dapat kita raih. Diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah, baginya satu kebaikan. Satu kebaikan akan dilipatgandakan sepuluh. Aku tidak mengatakan ‘alif laam miim’ adalah satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf”. Wah, banyak sekali bukan? Apalagi jika kita dapat mengkhatamkannya.

  • Mendirikan Salat Sunnah

Sunnah, jika kita mengerjakannya akan mendapat pahala dan jika tidak mengerjakannya tidak akan mendapat dosa juga tidak mendapatkan pahala. Adapun salat sunnah yang kita lakukan selama bulan Ramadan yaitu, Salat Tarawih. Tetapi, tidak hanya itu saja ada salat dhuha’ yang dapat melancarkan rezeki dan salat tahajjud yang dapat memudahkan segala urusan kita jika sering kita lakukan.

  • Jangan Lewatkan Lailatul Qadr

Di bulan Ramadan ada malam yang sangat mulia dan istimewa, yaitu Lailatul Qadr. Banyak manusia yang sering terlupa bahkan terlewat akan keistimewaan malam ini. Keistimewaan malam ini salah satunya yaitu jika kita melakukan suatu ibadah dengan sungguh-sungguh, maka kita seakan-akan melakukan ibadah tersebut selama 1000 bulan. Wah, luar biasa sekali bukan keistimewaanya? Diriwayatkan Bukhari, Rasulullah SAW bersabda, “Carilah malam Lailatul Qadr di (malam ganjil) pada 10 hari terakhir bulan Ramadan”.

  • Menghadiri Majelis Ilmu

Menghadiri majelis ilmu adalah salah satu hal bermanfaat yang dapat kita lakukan di bulan penuh berkah ini. Saat kita menghadiri majelis ilmu sama saja kita sedang menuntut ilmu, namun jika melihat kondisi saat ini alternatifnya adalah mendengarnya secara daring. Walau secara daring, jika kita menyimak ilmu yang disampaikan dengan seksama maka hal tersebut dapat mendatangkan pahala, dan mendatangkan banyak keutamaan salah satunya yaitu dimudahkan jalan menuju surga.

Banyak bukan hal-hal bermanfaat yang dapat kita lakukan selama bulan Ramadan ini? Sayang sekali jika masih ada yang membuang-buang waktunya dengan melakukan hal-hal yang tidak dapat mendatangkan kemaslahatan. Karena itu, manfaatkanlah waktu yang ada dan semoga tidak ada lagi yang merasa bosan karena harus tetap dirumah saja. Semangat menjalankan ibadah puasanya, ya!

 

 

 

Leave A Reply