8 Hal yang Perlu Kalian Lakukan Saat Memasuki 17 Tahun

Oleh: Beti F. Atmojo 

 

17 tahun merupakan usia emas bagi seorang anak, dimana usia saat itu adalah masa peralihan dari remaja menuju dewasa. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada proses pendewasaan ini, di antaranya :

 

  1. Mencintai dirimu sendiri 

Karena kamu berharga, setiap orang memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Tidak perlu mendengarkan perkataan orang lain yang menyakitkan.

 

  1. Tentukan pilihan hidupmu

Akan seperti apa kamu kedepannya, mulai lah menentukan pilihan, baik itu pendidikan dan pertemanan untuk meraih cita-citamu.

 

  1. Menjadi diri sendiri

Percayalah menjadi dirimu sendiri tanpa pernah mencoba untuk ikut-ikutan teman dalam melakukan pilihan yang kau pilih. Itu sangat lah berarti karena tanpa adanya paksaan atau perasaan tidak enakan maupun tekanan. Ini hidup mu, pilihan mu, dan lakukan apa yang ingin kamu lakukan.

 

  1. Belajar bertanggung jawab

Belajarlah bertanggung jawab atas pilihanmu, hadapi dan jangan pernah untuk menghindar yang ada di hadapan mu.

 

  1. Jelajahi masa mudamu

Masa muda hanya sekali, bukan berarti kamu menjadi orang yang nakal, gali terus pengalamanmu dalam pergaulan pertemanan, backpacker (jalan-jalan menjelajahi alam) dan nikmati setiap prosesnya selagi masih dibawah batas wajar dan jangan berlebihan.

 

  1. Mandiri

Mulai lah belajar untuk mengurus diri sendiri, tidak semuanya harus bergantung kepada orang tua atau pembantu dirumah yang harus melayanimu setiap waktu. Setidaknya rapikan tempat tidurmu, dan mulai lah untuk belajar menjadi pengendali untuk dirimu sendiri termasuk dalam pengambilan keputusan.

 

  1. Sex Education

Kamu perlu tau batasan dalam pergaulan pertemanan maupun percintaan. Kendalikan hasrat dirimu untuk tidak melakukan sex sebelum menikah, sebab itu dapat merugikanmu di masa depan.

 

  1. Mendekatkan Diri Pada Agama

Dengan kamu mendekatkan diri pada Tuhan, setidaknya membuat mu tau batasan yang di bolehkan dan tidak diperbolehkan oleh agama dan sebagai peringatan untuk dirimu sendiri agar tidak melanggar norma agama.

 

 

2 Comments

  • nurjanah

    October 26, 2020

    Gimana caranya ikut jadi penulis cerpen

  • Beti

    November 17, 2020

    Mohon maaf balasnya trlalu lama..
    Follow instagram inspirasi pena…
    disitu di sediakan berbagai macam kesempatan menulis artikel, ikut lomba puisi maupun cerpen..
    Semoga berhasil yaa..

Leave A Reply